Berikut Ini Tanda Kalau Kamu Cukup Dewasa Dalam Merawat Pertemanan, Salut!

Berikut Ini Tanda Kalau Kamu Cukup Dewasa Dalam Merawat Pertemanan, Salut!

Berikut Ini Tanda Kalau Kamu Cukup Dewasa Dalam Merawat Pertemanan, Salut!

Sama halnya dengan pacaran. Hubungan pertemanan juga bisa kandas di tengah jalan kapan pun itu. Bila tidak di rawat dengan baik dan benar. Sebagai sahabat tidak selamanya kalian bisa pergi bersama ke mana pun kalian mau. Ada kalanya kalian harus berpisah dan memilih jalan sendiri-sendiri. Apalagi semakin bertambahnya usia, kesibukan dan tanggung jawab kalian juga kian menumpuk.

Nah, balik lagi jika kamu tidak telaten dalam hal menjaga pertemanan kalian, bisa jadi sahabatmu menjauh satu per satu, lho. Lain cerita bila kamu bisa bersikap dewasa dalam berteman. Mau terpisah jarak sekali pun kalian bakal tetap merasa dekat. Di lansir dari laman fortmountainstables.net, berikut ini lima tanda yang menunjukkan bahwa kamu bisa bersikap dewasa dalam menjalin persahabatan. Cek satu per satu, yuk!

1. Walau tidak setiap hari tapi kamu tetap menjalin komunikasi dengan teman-temanmu

Di kutip dari laman IDN Poker777, kerika berada di kota yang berbeda-beda dengan teman-temanmu, tak lantas membuat kamu malas bertukar kabar dengan mereka ya. Meskipun tidak bisa rutin setiap hari, tapi sekali-kali kamu masih bisa menanyakan keadaan mereka melalui pesan atau panggilan telepon.

Siapa yang sangka, tindakan sederhana ini sukses membuat tali persahabatan kalian tetap erat, meskipun tidak bisa sewaktu-waktu saling bertemu. Pasalnya, yang penting itu kualitas komunikasi daripada kuantitas.

2. Tidak membocorkan rahasia teman ke orang lain demi menaikkan pamor semata

Sebagai sahabat tentu kalian sering bertukar cerita. Bahkan dia gak ragu untuk membeberkan rahasianya ke kamu, karena saking percayanya. Mengantongi rahasia teman tak lantas membuatmu gelap mata. Padahal bisa saja kamu diam-diam membeberkannya demi menaikkan pamormu di depan orang lain.

Jadi biang gosip, bisa membuatmu lekas tenar dan punya banyak teman. Tapi, yakin mereka pantas di sebut teman? Bagus, kamu tidak berniat melakukannya. Itu berarti dirimu cukup dewasa untuk memilih mana hal yang baik dan yang buruk.

3. Anti menggunakan kekurangan teman sebagai bahan bercanda, gak lucu!

Bercanda saat lagi kumpul bareng teman-teman itu hal yang biasa. Tapi seorang yang mampu berpikir dan bersikap dewasa, tidak akan menggunakan kekurangan teman sebagai bahan lucu-lucuan. Seperti ketika ada salah satu temanmu yang susah ngomong ‘r’, kamu langsung menyorot kelemahan itu sebagai humor.

Memang, sih kelihatannya dia ketawa-ketawa saja, tapi siapa tahu hatinya terluka. Hal yang begini, nih bisa bikin persahabatan kalian jadi renggang. Siapa sangka lama-lama temanmu itu bakal menjauh darimu.

4. Gak merasa cemburu ketika teman lebih dekat dengan kawan barunya

Mungkin kalian sudah berteman sejak SMP hingga sama-sama bekerja seperti sekarang ini. Tapi bukan berarti itu jadi alasan kamu berhak melarang dia berteman dengan orang lain, dong. Jika kamu cukup dewasa, pasti tidak masalah melihat temanmu akrab dengan rekan kerjanya di kantor.

Toh, kamu juga punya kawan dekat selain dia, kok. Hal itu tidak mengurangi rasa sayangmu padanya sebagai sahabat. Begitu pula sebaliknya. Mungkin si dia adalah tipe teman yang asik di ajak curhat. Sementara sahabatmu yang lain, adalah tipe orang yang seru kalau di ajak liburan. Masing-masing punya plus dan minusnya sendiri, kan.

5. Jika ada masalah kamu selalu ingin membicarakannya secara empat mata biar cepat kelar

Dalam persahabatan, wajar jika kalian pernah saling berbeda pendapat atau bahkan tak sengaja menyakiti lewat kata-kata dan perbuatan. Paling penting bagaimana sikapmu setelahnya.

Jika kamu mampu bersikap dewasa, tentu bakal segera menyelesaikan masalah tersebut secara empat mata. Jangan sampai perselisihan di antara kalian melebar ke mana-mana dan malah jadi runyam. Keren, deh!

Orang bilang teman bisa di cari, kalau satu pergi paling nanti ada yang datang lagi. Kalau konsep pertemananmu seperti ini, bisa-bisa kamu gak punya teman sama sekali, lho. Makanya, penting untuk merawat persahabatan dengan sikap yang dewasa seperti yang di jelaskan tadi, ya. Gak susah, kok apalagi jika sudah terbiasa. Nantinya, kamu juga, kan yang bakal memanen hasilnya.

Comments are closed.