Kisah Abu Bakar, Sahabat Nabi yang Di Kenal Jujur dan Dermawan

Kisah Abu Bakar, Sahabat Nabi yang Di Kenal Jujur dan Dermawan

Kisah Abu Bakar, Sahabat Nabi yang Di Kenal Jujur dan Dermawan

Di lansir dari fortmountainstables.net, Nabi Muhammad SAW memiliki banyak sahabat selama hidupnya, yang selalu setia mendampingi Nabi dalam berjuang menegakkan Islam.

Para sahabat Rasulullah SAW selain memiliki keimanan yang kuat, mereka juga memiliki keistimewaan masing-masing. Seperti Abu Bakar ash Shiddiq yang di kenal kejujurannya.

Bagaimana kisah Abu Bakar yang juga di kenal suka bersedekah? Di kutip dari IDN Poker APK, berikut beberapa ulasannya.

1. Abu Bakar mendapat gelar ash Shiddiq karena kejujurannya

Sebelum masuk Islam, Abu bakar bernama Abdul Ka’bah. Ketika ia masuk Islam, Rasulullah SAW mengganti namanya dengan Abdullah.

Abu Bakar di gelari ash-Shiddiq karena sifatnya yang jujur dan dapat di percaya. Bahkan, orang-orang Quraisy tidak meragukan lagi tentang apa yang di sampaikan Abu Bakar.

Pendapat lain mengatakan ia di juluki ash Shiddiq karena sikapnya yang segera membenarkan peristiwa Isra’ Mi’raj Rasulullah SAW, pada saat banyak orang meragukan peristiwa tersebut. Melalui putrinya, Aisyah, Abu Bakar Ash-Shidiq radhiyallahu’anhu menjadi mertua Rasulullah SAW.

2. Sahabat yang istimewa di hati nabi

Abu Bakar ash Shiddiq adalah sahabat nabi yang senantiasa menemani dakwah Rasulullah SAW, baik dalam suka maupun duka. Ia rela mengorbankan harta dan jiwanya untuk mendukung dakwah Rasulullah SAW.

Pengorbanannya tak akan bisa di lupakan sejarah, hingga Abu Bakar memiliki tempat khusus di hati Rasulullah SAW. Dari sifat kedermawannya ini, ia mendapat sebutan Atiq yang berarti orang yang paling dermawan.

Ketulusan dan keteguhannya dalam menyebarkan agama Allah SWT sangat kuat, meski banyak tantangan dan ancaman dalam menyeru manusia pada kebaikan, menjadikannya sebagai sahabat Nabi Muhammad SAW yang kedudukannya lebih istimewa di antara sahabat-sahabat lain.

3. Abu Bakar senantiasa bersedekah

Abu Bakar ash Shiddiq adalah sahabat Nabi yang tak bisa di tinggal apabila membicarakan tentang sedekah. Dalam suatu hadis yang di riwayatkan Abu Daud dan Tirmidzi dari Umar bin Khathab, Rasulullah SAW dengan Abu Bakar selalu berlomba-lomba menyedekahkan hartanya, hingga Nabi tidak bisa menyainginya.

Begitu lapang hati dan keikhlasan sosok Abu Bakar ash Shiddiq demi berjuang di jalan Allah SAW. Bahkan, Umar bin Khattab sampai mengungkapkan bahwa dia tak bisa mengungguli Abu Bakar sedikit pun, masyaaAllah.

Comments are closed.