Mengenal Lokasi Rekreasi Keluarga Keraton Solo Yang Populer

Mengenal Lokasi Rekreasi Keluarga Keraton Solo Yang Populer

Salah satu lokasi rekreasi keluarga Keraton solo kasunanan Surakarta, Pesanggrahan Langenharjo, merupakan kawasan pemandian dan meditasi di Desa Langenharjo, Grogol, Sukoharjo, Jawa Tengah direvitalisasi.

Baca Juga : Tempat Wisata di New South Wales

Yang menggelar beberapa acara adat, seperti:

1. Gelar Acara Penuh Sesaji

Sebelum dilaksanakan pemugaran, kawasan bersejarah yang berlokasi di tepi sungai Bengawan Solo tersebut, diadakan acara doa bersama ametan untuk pertanda pembukaan atau wiwitan revitalisasi. Acara doa bersama tersebut lengkap dengan beberapa sejaji yang telah disiapkan. Puluhan abdi dalem, sentono dalem, dan masyarakay pecinta budaya ikut serta dalam acara adat slametan tersebut.

Sesaji yang telah disiapkan dan di doakan oleh ulama Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Acara yang dipimpin kerabat keraton solo, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Sekar Kencono. Pengageng Keraton Surakarta Hadiningrat, GKR Sekar Kencono yang merupakan putri PB XII sekaligus adik kandung PB XIII mengatakan kegiatan siang ini dimulai dari jam 10.00.

“Kami menggelar acara slametan doa bersama wiwitan revitalisasi tahap awal pesanggrahan Langenharjo. Revitalisasi ini rencananya memakan waktu sekitar kurang lebih enam bulan. Dimulai dari pembenahan pagar, penggantian sirap, usuk, reng, talang, soko yang gapuk, beberapa tembok yang rubuh karena termakan usia,” ungkapnya, Jumat (31/7/2020).

2. Merupakan Lokasi Sakral Dan Bersejarah

Pesanggrahan Langenharjo sendiri menjadi dianggap tempat sakral dimana di tempat ini digunakan untuk meditasi. Pembangunan Pesanggrahan Langenharjo dimulai pada masa pemerintahan Sri Susuhunan Pakubuwono IX (1861-1893), tepatnya pada tahun 1870 M, dan selesai dibangun pada era kepemimpinan Sri Susuhunan Pakubuwono X (1893-1939), yakni tanggal 15 Juli 1931. Pesanggrahan ini adalah kawasan yang difungsikan sebagai kawasan rekreasi keluarga kerajaan Keraton Surakarta.

Fungsi dari kawasan yang terletak di pinggiran sungai Bengawan Solo juga didapatkan dari arti kata “Langenharjo” yang dapat dimaknai sebagai perasaan nyaman dan damai sementara “Pesanggrahan” sendiri berarti tempat peristirahatan.

Lokasi ini dipercaya sebagai tempat beristirahat Paku Buwono IX setelah berenang mencari ikan di sungai Bengawan Solo. Di lokasi ini juga terdapat SUMBER mata air panas yang terletak di belakang bangunan Pesanggrahan Langenharjo, namun saat ini pemandian tersebut tak lagi digunakan.

3. Kondisi Pesanggrahan Sudah Rusak

Sementara itu, Juru Pelihara (Jupel) Petugas BPCB, BRM. Parikesit SR mengatakan tugas BPCB sendiri untuk mengawasi agar pembangunan revitalisasi ini tidak mengubah bentuk, warna, maupun letak dan lainnya. Selain itu juga agar tetap sama dengan bangunan aslinya.

“Revitalisasi Pesanggrahan Langenharjo kerana memang sudah banyak sekali yang rusak. Kalau di biarkan terus menerus tak terurus karena minimnya bantuan pemerintah akan menjadi kerugian besar bagi bangsa indonesia dan generasi peneris kita nanti. Pasalnya ini bangunan yang sudah di tetapkan sebagai bangunan cagar budaya yang memiliki history yang sangat luar biasa terutama bagi Keraton Surakarta dan masyarakat Surakarta,” jelasnya

Baca Juga: Syarat dan Tips Liburan ke Bali Saat New Normal

Itulah tadi lokasi rekreasi keluarga keraton solo yang sedang banyak diperbicangkan. Semoga dengan artikel diatas bisa menambah informasi dan wawasan terbaru buat kamu.

Comments are closed.