Pengen Liburan ke Bali? Nih Syaratnya Untuk Wisatawan

Pengen Liburan ke Bali? Nih Syaratnya Untuk Wisatawan

Pengen Liburan ke Bali? Nih Syaratnya Untuk Wisatawan

Pengen Liburan ke Bali? Nih Syaratnya Untuk Wisatawan – Di masa new normal seperti sekarang, Bali sebagai tujuan favorit wisata di Indonesia perlahan mulai membuka gerbang pariwisata secara bertahap. Namun, liburan saat virus COVID-19 masih berkeliaran bukannya tanpa risiko. Apalagi jika kamu mengunjungi kawasan wisata yang memang terkenal ramai seperti Bali.

Untuk itu, pemerintah Bali telah menetapkan sejumlah syarat yang wajib diikuti masyarakarat yang mau masuk ke sana. Syarat-syarat ini tentunya untuk mengurangi risiko penularan COVID-19. Yuk simak ulasan Aplikasi S128 Apk berikut

1. Membawa hasil PCR Test atau rapid test 

Salah satu syarat wajib untuk bisa masuk ke Bali adalah dengan membawa hasil PCR test atau rapid test. PCR Test hasilnya harus negatif atau rapid test dengan hasil non-reaktif, dengan masa berlaku 14 hari sejak tanggal diterbitkan.

Syarat ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bali Nomor 305/GUGASCOVID-19/VI/2020. Aturan ini berlaku bagi WNI yang datang ke Bali menggunakan pesawat, bus, kapal, dan kendaraan pribadi.

2. Membawa identitas diri dan mengisi form lapor diri 

Masyarakat atau wisatawan domestik yang ingin masuk wilayah Bali juga diwajibkan menunjukkan identitas diri seperti KTP atau lainnya. Selain itu, wisatawan juga harus mengisi form lapor diri.

Form ini bisa diisi secara online di website https://cekdiri.baliprov.go.id, lalu menunjukkan QR Code kepada petugas verifikasi.

3. Mengunduh dan mengaktifkan aplikasi PeduliLindungi 

Syarat berikutnya adalah mengunduh dan mengaktifkan aplikasi Peduli Lindungi di smartphone masing-masing. Aplikasi ini berguna membantu melakukan pelacakan guna menghentikan penyebaran COVID-19.

Selain itu, salah satu fitur aplikasi ini adalah memberikan notifikasi jika kamu berada di keramaian atau berada di zona merah. Artinya di area atau kelurahan yang sudah terdata bahwa ada orang yang terinfeksi COVID-19 positif atau ada Pasien Dalam Pengawasan.

4. Pilih tempat menginap yang menyediakan fasilitas antarjemput bandara 

Kalau kamu menggunakan transportasi pesawat, alangkah baiknya memilih penginapan yang menyediakan fasilitas antar-jemput bandara.

Tujuannya untuk meminimalisir penggunaan transportasi umum sesampainya di Bali. Selain itu, fasilitas antar-jemput bandara juga bisa menghemat bujet liburanmu, kan?

5. Membawa tas belanja sendiri 

Kamu juga boleh mengambil tas belanja sendiri sebelum liburan ke Bali. Selain bisa mengurangi penyebaran virus, tas belanja juga bisa mengurangi penggunaan plastik.

Apalagi sejak 2019, Bali sudah melarang penggunaan kantung plastik. Swalayan dan toko-toko suvenir tidak menyediakan kantung plastik sejak awal Januari 2019.

 

Comments are closed.