Salah Satu Sungai Terbersih di India

Salah Satu Sungai Terbersih di India

Salah Satu Sungai Terbersih di India

Salah Satu Sungai Terbersih di India – India mungkin lebih diingat dunia karena pencemaran lingkungan, terutama polusi udara dan air sungainya yang termasuk paling parah di dunia. Namun, negara ini sebenarnya juga punya beberapa tempat yang kebersihan dan kelestarian lingkungannya patut diacungi jempol.

Banyak orang mungkin membayangkan daerah terbelakang ketika mendengar tentang kawasan perbatasan. Perbatasan India-Bangladesh di Negara Bagian Meghalaya di wilayah India Timur Laut justru menjadi tujuan favorit bagi pencinta alam.

Kawasan perbatasan yang dimaksud terletak di Desa Shnongpdeng di bagian selatan Meghalaya. Kota ini dilalui oleh Sungai Umngot yang berair jernih. Ketika dipandang dari kejauhan, Sungai Umngot terlihat berwarna biru kehijauan. Namun, saat diamati lebih dekat, sungai ini terlihat bening hingga dasarnya.

Salah Satu Sungai Terbersih di India

Sungai Umngot adalah perairan yang membelah wilayah Dawki, Meghalaya. Dilansir Outlook India, sungai ini berada di desa Shnongpdeng, tepatnya di perbukitan Jaintia. Letaknya sekitar 95 kilometer dari Shillong dan cuma berjarak 2 kilometer dari perbatasan Bangladesh.

Umngot disebut sebagai salah satu sungai paling bersih di India. Airnya begitu jernih dan bening, mengalir membentuk selat kecil yang cantik. Wisatawan juga bisa menyaksikan kehidupan hewan-hewan laut yang sedang beraktivitas di Umngot dari atas perahu.

Kelewat Jernih sampai Perahu Terlihat seperti Mengambang di Udara

Sungai Umngot termasuk masih sepi wisatawan. Perairan di sana dulunya lebih populer untuk perdagangan antara nelayan dari dua negara. Namun kini mulai banyak yang melirik kawasan tersebut sebagai tempat wisata.

Dilansir Matador Network, para nelayan menyediakan pondok dari bambu atau tenda untuk berteduh dari terik matahari. Ada juga perahu-perahu kayak yang bisa disewa untuk menjelajahi sungai. Namun wisata dengan kayak ini sebaiknya dilakukan sekitar bulan Oktober saja.

Saat itulah musim hujan sudah mulai berlalu, sehingga air sungai tampak benar-benar jernih dengan warna hijau kebiruan yang indah. Pada musim hujan, air sungai bercampur dengan endapan lumpur, sehingga berkurang kecantikannya.

Selain wisata dengan kayak, para pengunjung juga bisa menikmati keindahan Umngot dengan perahu motor, kano, atau loncat tebing.

Comments are closed.