Taman Mawar Terindah di Dunia

Taman Mawar Terindah di Dunia

Taman Mawar Terindah di Dunia

Taman Mawar Terindah di Dunia – Ternyata di dunia ini ada taman-taman mawar yang semenakjubkan bayangan Anda. Tak hanya satu, ada lusinan taman yang mendapat predikat kebun mawar terindah di dunia.

Kebun-kebun mawar ini menyimpan koleksi varietas mawar dari berbagai belahan dunia. Beberapa di antaranya bahkan pernah mendapat penghargaan sebagai kebun dengan penataan terbaik.

Berikut ini kami tampilkan beberapa di antaranya yang memiliki koleksi mawar-mawar paling cantik.

1. Keisei Rose Garden – Jepang

Kebun mawar terindah di dunia pertama adalah Keisei Rose Garden yang ada di Jepang. Keisei Rose Garden terletak di kota Yachiyo, Prefektur Chiba.

Taman ini merupakan salah satu lokasi terbaik untuk menyaksikan bara (bunga mawar) di Jepang. Setiap musim semi, Keisei menyelenggarakan festival bunga mawar di mana para wisatawan akan dimanjakan dengan rose art.

Sepanjang festival disuguhkan pula pertunjukan live music untuk menemani para wisatawan menikmati keindahan bunga. Tak hanya wisata memandang bunga mawar, Keisei juga menjual berbagai produk yang terbuat dari bunga mawar untuk suvenir.

2. Peggy Rockefeller Rose Garden – Amerika Serikat

Peggy Rockefeller Rose Garden adalah salah satu taman mawar paling terkenal di Amerika Serikat. Taman mawar ini terletak di New york Botanical Garden, Bronx, New York.

Taman ini merupakan persembahan jutawan David Rockefeller kepada istrinya Peggy. Perancang konsep taman adalah arsitek lansekap Beatrix Farrand.

Di Peggy Rockefeller Rose Garden tumbuh sekitar 4.000 mawar yang berasal dari 600 varietas berbeda. Taman ini tampak paling indah pada bulan Mei hingga Oktober, karena saat itu bunga mawar mekar sempurna.

3. Rose Garden, Butchart Gardens – Kanada

Taman ini terletak di Vancouver, Kanada. Pemandangannya meliputi hamparan 700 jenis tanaman bunga yang dibagi menjadi lima tema. Yaitu Japanese Garden, Rose Garden, Mediterranean Garden, Sunken Garden, dan Italian Garden.

Saat musim panas, tepatnya bulan Juni hingga awal September, Rose Garden menjadi atraksi andalan kebun raya ini. Taman mawar ini ditanami berbagai jenis bunga mawar. Kebanyakan varietas tea rose yang ragamnya lebih dari 117 spesies.

Saat bulan Juni hingga September seluruh Butchart Gardens dihias lampu sehingga pengunjung bisa menikmati pemandangan di sana hingga malam hari. Ditambah dengan pertunjukan musik dan kembang api, lengkaplah suasana romantis yang dirasakan pengunjung.

4. Roseraie de L’Hay – Prancis

Roseraie de L’Hay yang terletak Rue Albert Watel, L’Hay-les-Roses, Val-de-Marne merupakan taman mawar tertua di dunia. Taman ini ditanami 16.000 mawar dari 3.300 varietas yang berbeda.

Pada tahun 1910, Roseraie de L’Hay telah memiliki semua jenis mawar dari genus Rosa yang dikenal dunia pada saat itu. Graveraux juga berhasil menyilangkan 27 varietas mawar baru di kebunnya. Tak hanya untuk pembibitan, mawar di Roseraie de L’Hay juga memasok permintaan industri parfum.

Sekarang Roseraie de L’Hay telah menjadi situs sejarah di Prancis. Kebun mawar dan paviliun yang dulu menjadi tempat peristirahatan Graveraux kini dilindungi dan dikelola oleh Dewan Umum Val-de-Marne.

5. Queen Mary’s Garden, Regent’s Park – Inggris

Taman mawar yang satu ini merupakan bagian dari Regent’s Park, satu dari sekian banyak taman indah di London, Inggris. Taman dinamai seperti permaisuri Raja George V dari Kerajaan Britania Raya.

Queen Mary’s Garden adalah taman mawar terbesar di London. Taman di sudut Regent’s Park ini punya 85 rumpun mawar dari berbagai varietas.

Semuanya ditata dalam desain taman klasik Inggris, lengkap dengan air mancur cantik dan jembatan-jembatan kecil bergaya Jepang. Tak ketinggalan varietas mawar rambat yang tumbuh membentuk kanopi-kanopi cantik.

Selain koleksi mawar, taman ini juga dihiasi jenis bunga lain. Antara lain begonia dan delphinium yang tak kalah fotogenik.

6. Roseto Comunale – Italia

Lalu ada Roseto Comunale, taman mawar yang berada di Aventine Hill, dekat Circus Maximus. Letaknya di ibukota Italia, Roma. Taman ini kerap menjadi tuan rumah pertunjukan teater dan konser. Mereka juga mengadakan tur untuk para wisatawan.

Taman ini punya koleksi mawar yang sangat beragam. Wisatawan disarankan untuk menikmatinya dari varietas lokal. Berlanjut ke mawar Damaskus, lalu diakhiri dengan memandang keindahan bunga-bunga mawar hasil persilangan dalam aneka warna.

7. Rosedal de Palermo – Argentina

Selanjutnya ada Rosedal de Palermo yang berlokasi di ibukota Argentina, Buenos Aires. Taman ini merupakan bagian dari taman kota Palermo yang populer untuk aktivitas hiburan warga di akhir minggu.

Taman mawarnya sendiri didirikan pada tahun 1914 dan memiliki koleksi sekitar 18.000 tanaman mawar. Selain bunga mawar, taman ini juga didandani dengan pohon-pohon bunga jacaranda dan patung-patung sastrawan klasik. Taman terlihat paling indah jika dikunjungi pada bulan Oktober.

8. Princess Grace Rose Garden – Monako

Terakhir ada Princess Grace Rose Garden milik Kepangeranan Monako. Taman ini berada di tengah pemukiman Fontvielle. Sesuai namanya, taman ini didedikasikan untuk Putri Grace alias Grace Kelly, bintang Hollywood lawas yang diperistri penguasa Monako.

Taman berhias pohon palem dan zaitun ini bersolek dengan mawar dari 300 varietas. Setiap jenis mawar disertai papan dengan QR Code yang bisa mengantarkan pengunjung untuk mempelajari info singkat mengenai tanaman tersebut.

Comments are closed.