Tempat Wisata di Banyuwangi

Tempat Wisata di Banyuwangi

Tempat Wisata di Banyuwangi

Tempat Wisata di Banyuwangi – Bali memang mempesona. Namun, tahukah kalian kalau daerah lain di sekitarnya juga tidak kalah menarik dan indah? Banyuwangi adalah salah satu contoh lokasi yang pantas dipertimbangkan sebagai tempat wisata kalian berikutnya.

Jika melakukan perjalanan darat, Banyuwangi adalah pintu masuk menuju Bali. Kalian akan menyeberang melewati pelabuhan Ketapang di Banyuwangi untuk bisa sampai ke Gilimanuk di pulau Bali.

Tidak ada salahnya bila kalian menghabiskan waktu di Banyuwangi selama beberapa hari untuk menikmati spot-spot wisata luar biasa yang bisa dikatakan keindahannya tidak kalah dengan Bali. Mulai dari pantai, gunung hingga savana-nya, dijamin akan membuat kalian menganga karena kagum.

Banyuwangi merupakan kabupaten yang terletak di ujung paling timur pulau Jawa, dan merupakan tetangga terdekat dari pulau Bali. Saat ini sektor pariwisata di Banyuwangi sudah berkembang dengan sangat pesat.

Banyuwangi memiliki sejumlah destinasi wisata yang keindahannya tidak kalah dengan tetangganya, Bali. Walaupun namanya tidak sepopuler Bali, namun kamu pasti akan berdecak kagum ketika mengunjungi sejumlah objek atau tempat wisata di Banyuwangi ini.

Pantai Plengkung

Pantai ini juga dikenal dengan sebutan G-Land. Terletak di dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Pantai Plengkung memiliki ombak yang cukup besar, karena merupakan pantai yang berhadapan langsung dengan samudera Hindia. Oleh karena itu banyak sekali para pecinta olahraga surfing atau berselancar yang datang ke pantai ini.

Pantai Plengkung menjadi salah satu tempat selancar terbaik di dunia, dan menjadi pantai berombak besar kedua setelah Hawaii. Selain itu tempat ini juga memiliki pemandangan alam yang indah dan pantai berpasir putih. Kalau kamu tidak suka berselancar, kamu masih bisa menikmati keindahan pantai ini.

 Teluk Ijo

Teluk Ijo atau Green Bay di Banyuwangi memiliki keindahan alam yang luar biasa. Dinamai seperti itu karena air lautnya cenderung berwarna hijau. Walaupun tidak sepopuler Maya Bay di Thailand, namun Green Bay memiliki pesona yang tidak kalah memukau. Namun perjalanan untuk mencapai tempat ini memang tidak mudah.

Telok Ijo berlokasi sekitar 90 Km dari Banyuwangi, kamu harus menempuh perjalanan selama 3 jam dari Banyuwangi ke Pantai Rajegwesi. kemudian kamu masih harus menyusuri tebing dan lembah selama 1 jam untuk sampai ke Green Bay. Semua rasa lelah kamu dijamin langsung hilang begitu kamu tiba di teluk Ijo ini.

Pulau Tabuhan

Pulau kecil ini terletak tepat di tengah laut selat Bali, dan masih termasuk kedalam wilayah desa Bangsring, kecamatan Wongsorejo, kabupaten Banyuwangi. Tempat ini bisa terlihat dengan jelas dari pantai Watudodol. Untuk menuju ke pulau Tabuhan ini, kamu bisa menyewa kapal dari pantai Bangsring.

Perjalanan dari pantai Bangsring ke pulau Tabuhan, akan memakan waktu sekitar 15 menit saja. Pulau Tabuhan merupakan pulau kecil yang tidak berpenghuni, namun kamu bisa melakukan banyak aktifitas seru disana. Misalnya saja snorkeling, foto-foto sambil keliling menikmati keindahan pulau, dan melihat sunrise atau sunset.

Pantai Sukamade

Terletak di Taman Nasional Meru Betiri, di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Pantai Sukamade ini juga terkenal sebagai tempat bertelurnya penyu dari kawasan Samudera Indonesia dan Pasifik. Karena itu tidak heran kalau di pantai ini kamu bisa melihat banyak anak-anak penyu.

Ketika berjalan kaki untuk mencapai pantai ini, kamu harus melintasi jalan setapak sambil menikmati hamparan hutan hujan tropis dataran rendah. Dan mungkin di sepanjang perjalanan kamu bisa melihat kijang, babi hutan, kelelawar dan berbagai jenis burung. Kalau kamu ingin melihat penyu-penyu yang naik untuk bertelur, kamu bisa mengunjungi pantai ini di malam hari.

Comments are closed.