Tiga Aturan Tak Tertulis yang Wajib Kamu Patuhi, Biar Gak Di Benci Orang!

Tiga Aturan Tak Tertulis yang Wajib Kamu Patuhi, Biar Gak Di Benci Orang!

Tiga Aturan Tak Tertulis yang Wajib Kamu Patuhi, Biar Gak Di Benci Orang!

Manusia tercipta sebagai makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa interaksi dengan orang lain. Supaya interaksi berjalan dengan baik, tentunya masing-masing harus bisa menjaga sikap agar tak merugikan atau membuat tidak nyaman pihak lainnya.

Di situlah pentingnya sebuah aturan. Demi menjaga keharmonisan hubungan antar sesama manusia. Di antaranya aturan-aturan yang tak tertulis, tapi berlaku umum di masyarakat yang wajib kamu patuhi. Di lansir dari laman fortmountainstables.net, berikut ini beberapa contoh aturan itu!

1. Jangan memotong pembicaraan orang lain

Di kutip dari laman Livechat Club388, aturan ini simpel. Tapi gak banyak orang yang bisa mempraktikkan. Karena tiap orang punya kadar ego yang berbeda-beda. Ada yang bisa menekan ego pribadi, sehingga mampu menghargai orang lain. Namun, ada pula yang egonya kelewat tinggi, sehingga inginnya selalu di hormati dan di perhatikan, tapi sulit untuk melakukan hal yang sama pada orang lain.

Orang yang egonya sangat tinggi, biasanya sangat kentara dari bagaimana perangainya ketika mendengar lawan bicara. Ia gak betah untuk mendengarkan dengan seksama, dan berusaha memotong pembicaraan supaya perhatian tertuju padanya.

2. Saling menghormati pendapat politik yang berbeda

Salah satu ciri orang yang bersikap dewasa, adalah mampu berpikiran terbuka dalam menerima pandangan yang berbeda. Termasuk dalam soal politik. Cobalah untuk berlapang dada dan menerima kenyataan, bahwa tiap manusia itu punya kerangka berpikir yang tak sama.

Jika kamu bisa menerima kenyataan kalau tiap manusia itu punya pola pikir yang tak seragam, dan mampu menghormatinya, maka orang lain pun akan selalu nyaman bergaul denganmu, apa pun pandangan politik yang mereka yakini.

3. Jangan mengkritik orang di depan umum

Aturan tak tertulis lainnya yang perlu kamu taati, adalah berusaha menjaga sikap saat sedang menasihati atau mengkritik orang lain. Jangan lakukan hal itu di depan umum, karena akan membuat orang tersebut malu. Cobalah cari tempat yang terjaga privasinya, sehingga kamu bisa lebih leluasa untuk menegur, tanpa membuat dia merasa tersinggung atau menjatuhkan harga dirinya.

Comments are closed.